Manajemen Layanan Sistem Informasi
Dalam pembahasan ini, ada 2 hal yang perlu dibahas.. Yang pertama, apa itu SIM? loh kok SIM? Ya.. Sistem Informasi Manajemen, karena Manajemen Layanan SI itu sendiri ada keterkaitannya dengan Sistem Informasi Manajemen. Dan yang kedua yaitu Manajemen Layanan SI itu sendiri. Oke langsung saja.
Apa itu SIM?
Sistem informasi manajemen atau SIM adalah
sistem perencanaan bagian dari pengendalian internal suatu bisnis
yang meliputi pemanfaatan manusia, dokumen, teknologi, dan prosedur oleh akuntansi manajemen untuk memecahkan
masalah bisnis seperti biaya produk, layanan,
atau suatustrategi bisnis. Sistem informasi manajemen
dibedakan dengan sistem informasi biasa karena SIM
digunakan untuk menganalisis sistem informasi lain yang diterapkan pada
aktivitas operasional organisasi. Secara akademis, istilah ini umumnya
digunakan untuk merujuk pada kelompok metode manajemen informasi yang bertalian
dengan otomasi atau dukungan terhadap pengambilan keputusan manusia, misalnya sistem pendukung keputusan, sistem pakar,
dan sistem informasi eksekutif.
Sementara Manajemen Layanan SI itu sendiri...
ITSM (Information Technology Service Management atau Manajemen
Layanan Teknologi Informasi) adalah suatu metode pengelolaan sistem teknologi informasi (TI) yang secara
filosofis terpusat pada perspektif konsumen layanan TI terhadap bisnis
perusahaan. ITSM merupakan kebalikan dari pendekatan manajemen TI dan interaksi
bisnis yang terpusat pada teknologi. Istilah ITSM tidak berasal dari suatu organisasi,
pengarang, atau pemasok tertentu dan awal penggunaan frasa inipun tidak jelas
kapan dimulainya.
Jadi, menurut saya hubungan diantara kedua pembahasan diatas adalah ketika suatu perusahaan mulai banyak membutuhkan IT sebagai pengengali bisnis dan penyedia layanan, maka semakin penting pula untuk memperhatikan suatu kualitas menejemen dan layanannya. Jika menejemen dan layanan IT ingin dikelola secara efektif, maka kita juga harus memperhatikan langkah-langkah yang akan diterapkan untuk memastikan kinerja kita diperusahaan.
Sumber Referensi :
Wikipedia.org
Komentar
Posting Komentar